Shutterstock Galery

Strobist Cellphone Series (N8+Yongnuo560II)

Strobist? Cellphone series?
emang bisa?
hehh ehh,,,

kisah bermula ketika,,,

17 Januari 2016, tercatat dalam agenda mas telo untuk menuju ke acara Anniversary Fotografer.Net, bertempat di Lippo Plaza Jogja. Acara mulai jam 14.00, berhubung masih pagi mas telo putuskan untuk ngumbahi dahulu, kemudian mandi dan kuseduh mi instan plus telor (maklom lah anak kost) huihi. 
Kelar urusan dapur, perut dan kumbahan, cuzz meluncur ke TKP Aniv FN berbekal Nokia N8, di TKP sudah standby teman-teman mas telo, ada Sevi, Solichin, Arif, dan Adin. Yupz acara pun dimulai, sesi pertama motret Fashion show, nahh di sesi ini mas telo stuck berat, asli belom pernah motret ginian membuat ku bingung , hilang arah (lebaii) wkkkakakk,, Singkat cerita sesi 1 pun selesai dengan memori di hp masih lapang (baca: raentuk foto sik sip). 

Lanjut, sesi ke 2 berlangsung di rooftop Lippo Plaza, nahh disinilah kisah bermula, ketika itu teman ku yang bernama Sevi sedang ngutak atik Flash milik Arif, niat usil bin jail ku pun muncul, rencana pengen ku kagetkan dia dengan ku potret dia dari depan pake flash,, secara flash nokia n8 itu xenon brohh,, pasti silauwww,,,
dalam hitungan ke 3 jebret,,, klebyar,,klebyarr,,, lhadalah kok malah aku sik kaget??

 ketika aku mau candid kok tiba2 flash e dia merespon tembakan flash dari hp ku, niat mau mengagetkan malah jadinya aku yang kaget sendiri (ujug2 klebyar). Usut punya usut ternyata beliaw pasang mode "S", 
langsung kuteringat sebuah tutorial di yutup tentang "slave mode" dan kemudian kutersadar "wuoyyy hapeku iso nggo strobist cuyy" kemudian langsung dipraktekkan.

Uji coba Pertama,
Uji coba pertama,
N8 seting auto, flash on. kemudian jepret, hasil foto terlalu terang, ternyata power flash terlalu kuat. Coba lagi dengan menurunkan power dari flash yongnuo, nominalnya mas telgo lupa, dengan tangan kiri pegang flash sedikit dimajukan dan tangan kanan pegang hp, jepret ke 2,, flash menyala dan badala,,,,, 
Uji coba ke 2, yeayyy it's work
wuoowww it's work mamen,,, yihaaa bungah bahagia girang hatiku ketika lumelihat preview dari hasil fotonya, sensasi klebyar2 flash juga asyik,, foto yang dihasilkan weeww,, amaizing,, (fotone dewe dialem dewe). nah biar lebih jelas perbedaan pake flash external sama enggak pakai bisa kalian lihat gambar dibawah ini bro-sist.



Noh,, keliatan kan bedanya pake flash external sama enggak, hasil foto dengan tambahan flash external terlihat lebih berdimensi, tergantung pengaturan dan penempatan flash kepada obyek.
Perlu diketahui point terpenting dari trik ini adalah
  1. Tipe Flash kamera ponsel berupa Xenon Flash, misal Nokia N8, Sony K810, Satio, Samsung   Zoom series,dsb
  2. Flash External mode slave (bisa S1 atau S2) jangan mode M
  3. carilah tempat yang sedikit teduh / cahaya redup untuk supaya xenon flash ponsel menyala
  4. Pastikan sensor "mata kucing" flash external terkena sinar xenon flash dari ponsel, kalau sensor terhalang maka flash external tidak akan merespon.
Nahh,,, kelar ujicoba kini saatnya coba buat motret model,, hyahaa mumpung enek model lurr,,,

pose satu,, jepret,, dua jepret,, jepret,,,jepret,,jepret




nah, sekian dulu postingan dari mas Telo, semoga bermanfaat, mohonmaaf jikalau banyak kekurangan atas kurang detailnya seting2 pada flash dikarenakan keterbatasan ilmu yang mas Telo  punya.
Kritik dan saran tulis di komen yoo bro-sist,,,

 see yu kapan-kapan salam jlebrettt,,,...


*all photos are copyright to @telo_gosonk
  captured by nokia n8 

kecup basah dari penulis,



1 comment: