Shutterstock Galery

Fotografi Makro menggunakan Ponsel

Seiring perkembangan kreatifitas kini fotografi makro tak harus mahal. Belum punya kamera besar (poket/dslr) ya pakailah kamera ponsel kalian. Foto ponsel? emang bisa??? bisa yoo,, nek gak percoyo yo jijal en dewe (kalo gak percaya, coba saja sendiri.red) .


Ada beberapa trik memaksimalkan foto makro menggunakan hp. tapi sebelum kalian terjun ke kebon dan kejar-kejaran sama serangga, sangat dianjurkan loe sarapan dulu, mimik susu ataupun kopi juga boleh, intinya siapin tubuh loe buat bertarung di kebon. Sarapan sangat penting buat mengurangi tangan gemetar, yahh problen pertama buat yang baru belajar makro adalah getaran dari tangan. Kenapa tangan bergetar, karena dalam fotografi makro pake ponsel, kita memotret obyek dr jarak yang sangat dekat, biasanya 1-5 sentimeter, getaran kecil tentu bikin foto2 loe ngeblur alias kabur bro..


1. Mode Focus Macro / auto fokus
Trik ini biasanya dipake untuk obyek yg lumayan besar, dan menginginkan ruang fokus yg lebar pada obyek. contohnya kaya gini  

ponsel : Andromax i
ponsel : Andromax i 
nah,,contoh di atas hasil jepret menggunakan fitur auto fokus kamera ponsel, masing2 ponsel tentu punya karakter yang berbeda-beda mulai dari akurasi dan kecepatan fokus, jarak fokus minimal, detail dan lain sebagainya. Hal ini bisa diatasi dengan penambahan jam terbang (sering2 motret pahami karakter kamera ,,huahakk)

2. Menggunakan Lensa Tambahan
Trik ke dua, buat kalian yang menginginkan detail yang lebih tajam,, ruang fokus yang lebih sempit. Pakelah lensa tambahan. Di jaman sekarang ,jaman yang gaol ini (katanya) sudah banyak beredar lensa makro ponsel universal berbagai merk. Tp entah kenapa kok saya kurang suka (mungkin karna gak punya) hahaa.. Buat makro'an saya rekomend lensa okuler mikroskop hasil tajam (material lensa dr kaca coy)
lensa okuler
satu okuler mikroskop, di dalamnya ada 2 lensa,,nah loe pisahin tuh lensa, gunakan satu persatu. Yang diameter kecil jarak fokusnya lebih dekat drpd yang berdiameter besar. Gunakan sesuai selera.

Cara pakainya gampang, kalian tinggal tempel aja noh lensa di depan kamera ponsel kalian,, saya biasanya pake doubletape,, 
Matikan fitur auto fokus (ubah fokus ke infinity atau set ke mode pemandangan). Temukan obyek, arahkan kamera ke obyek. Untuk mencari fokus, maju-mundurkan kamera sampai fokus ketemu (disarankan sarapan dahulu sebelum hunting, biar tangan gak gemetar). Setelah dapat fokus, tinggal jepret.
Ponsel Sony Ericsson K770i + lensa Okuler 16 x
tanpa pengeditan
 
Ponsel : Sony Ericsson K770i + lensa makro 12.5 x,
tanpa pengeditan
Nah,,, sekarang gak ada alasan lagi buat malas belajar motret,, mulai lah memotret dengan alat potret yg loe punya,. Foto keren terjadi bukan hanya seberapa canggih alatnya,, tp lebih kepada seberapa besar NIAT kalian tuk mendalami dunia motret-memotret. Fotografi itu murah gaes,,,. 


contoh2 foto lain bisa kalian lihat di sini
atau bisa join Komunitas Fotografi Ponsel , buka album macro, buanyakk sampel2 foto makro yang pastinya 100% Cellphone series.

Catatan Tambahan : 
Jangan Pernah menyakiti obyek foto apalagi MEMBUNUH serangga hanya untuk dijadikan OBYEK FOTO. Kelangsungan hidup mereka lebih berharga daripada selembar kertas bergambar serangga.

16 comments:

  1. Wis tho rasah diragukan meneh nek iki...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Mantep pak..
    Berkunjung tempatku ya www.galeriworms.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wah ternyata ini mas" yang menggoncangkan dunia per FNers hehe mantap mas sukses salut dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas-mas yang mana mas,, (clingak-clinguk) hhahahaa,,, salim dan salam kenal mas Angkisland

      Delete
    2. hooh cenen...ini blog mas-mas yang mengguncangkan FNers jogja pas street hunting...sik nggowo termos nandi-nandi...hahaha...

      Delete
    3. waaahh kangmas2 bloger senior do ngumpul, (sungkem, salim cium tangan bolak-balik),, hehheee

      Delete
  5. saya seringkali lupa menggunakan dobel lensa saat objeknya besar dan jelas, sehingga hasilnya seringkali bagus saat awal tapi begitu di cetak malah ngblur...makasih ilmu makronya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. dobel lensa biasanya justru untuk obyek yang kecil kang, jarak fokus akan jadi lebih pendek lagi kalau dobel lensa

      Delete